Welcome



DUNIA HITAM YANG AKAN KALIAN JEJAKI

“Tak peduli seberapa tinggi kalian mengenyam pendidikan. Tak peduli seberapa banyak gelar yang kalian dapatkan. Jika kalian tidak pernah menghasilkan sebuah karya, maka kalian akan dilupakan oleh masyarakat dan sejarah”
Maka bergemalah kalimat-kalimat di atas, laksana godam bertaluan dahsyat dan turbin raksasa yang menyalakan tungku semangat. Ketika sebelumnya tertawaan cengenges fokus ke wajah-wajahmu. Ketika feature masa depan yang suram tersirat jelas di hadap matamu. Buat apa?

Yap, buat apa lelah kau ayunkan pena di sehelai kertas kusam itu? Cedera jemari kau hantamkan kepada tuts-tuts keyboard komputer usangmu.

Sementara apa yang akan engkau peroleh? Seberapa mungkin tulisanmu bisa diterbitkan? Bilapun diterbitkan berapa keping rupiah yang akan singgah? Lalu prestise macam apa yang akan tergapai? Jadi urungkan niatmu..

Tutup mulutmu! Ungkap saya nanar kepada bisikan-bisikan itu. Sungguh, bukan harta harapan pengayun pena sejati. Jalan ini suci untuk dinodai dengan buai harta tahta. Bukan pula popularitas jadi damba pengayun pena sejati. Jalan ini sungguh telah mewangi mulia. Tak perlu diiming-imingi lagi dengan popularitas semu.

Sobat, ini dunia hitam! (boleh kan saya menyebutnya demikian? Toh warna dominan dunia kepenulisan hitam ya?). Pada saat lahirnya para penulis bagaikan kertas polos putih. Meski pada akhirnya dalam perjalanan mereka berpencar-pencar. Sebagian berjatuhan. Sebagian lagi meneruskan jejak-jejaknya. Ada yang lena dengan gemilang rupiahnya. Ada yang buai dengan belaian kepopuleran. Sementara di sudut sana sebagian terhimpit frustasi dengan kegagalan demi kegagalan. Tapi sobat, di titik sebelah sana masih ada, meski segelintir, sekelompok penulis yang tetap menjejak di karang idealismenya. Kami menulis bukan untuk sejenak semu itu…… kami menulis dengan sebuah keyakinan kokoh, untuk sebuah cita sejati. Kami menulis untuk merubah dunia!

Maka semestinyalah, hanya jajaran terakhir ini yang pantas untuk memasuki gerbang dunia hitam.

Categories: ,

Leave a Reply